80% Lingkungan sangat mempengaruhi kita dan 60% pengalaman sangat membantu kita. Itu artinya kita harus melakukan tindakan yang nyata atau praktek untuk meningkatkan kemampuan kita. Dan bila belum terbiasa, maka lakukan 40 hari berturut-turut. Awal merupakan sulit. Namun kita bisa karena terbiasa...
Ganbatte!
Luruskan orientasimu!
Saling mengingatlah sesama teman
Satukan mimpi kita! Yosh!

Budaya Jalan Kaki

Temanku berdecak kagum karena aku berjalan kaki dari rumahnya ke rumahku yang beda kelurahan. Aku hanya menganggap biasa, sebab kebanyakan orang memilih berkendaraan motor. Mungkin karena aku tidak punya motor juga, makanya aku jalan kaki. Sekalipun aku punya uang untuk naik angkot, aku lebih suka jalan kaki. Karena ku pikir jalan kaki lebih sehat. Kadang aku bersyukur karena belum pernah punya kendaraan sampai sekarang. Pernah aku sudah lama tidak jalan kaki, sekalinya aku jalan kaki jarak jauh, kaki ku pegal sekali. Itu artinya kaki ku harus dibiasakan berjalan kaki supaya tidak pegal dan sakit saat memulai. Budaya itu ku terapkan sejak aku SD yang jarak SD ku dan rumahku jauh sekali sampai orangtuaku heran. Padahal mereka bercerita zaman mereka itu orang terbiasa berjalan kaki bahkan hitungan kilometer. Hal itu menyebabkan tubuh mereka tetap sehat. Dan aku ingin menerapkannya pada diriku sendiri. Mungkin karena kebanyakan anak muda sepertiku lebih suka berkendaraan dari pada jalan kaki, makanya orangtuaku memandangku heran. Sama sekali tidak ada rasa malu kalau pun aku berjalan kaki sementara yang naik motor. Terkadang aku malah miris dengan anak muda bahkan anak SD zaman sekarang. Mereka dibiasakan oleh orangtuanya mengendarai sepeda motor. Selain karena tidak punya SIM/STNK dan dibawah umur, mereka juga masih terlalu pemula untuk mengendarainya. Terlebih hanya lain gang saja, mereka naik motor. Kadang aku tertawa sendiri di dalam hati, "Dekat saja masih naik motor???". Ku rasa berkendara itu baiknya kalau memang jauh sekali. Kalau masih jarak beberapa rumah saja, kenapa harus naik motor?
Asal kalian tahu, jepang sebagai negara penghasil kendaraan terbanyak saja malah membudayakan jalan kaki di negerinya sendiri. Mereka hanya memproduksi dan hasil produksinya itu dikirim ke luar negeri. Lah kita lebih bangga membeli kendaraan, padahal jalan kaki itu jauh lebih baik. Dan perlu diketahui, salah satu negara eropa malah memperbanyak produksi sepeda dibanding mobil karena mereka mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Jadi tidak perlu ada alasan untuk gengsi karena tidak memiliki kendaraan. Cobalah berpikir cerdas dan meniru yang baik-baik dari luar negeri adalah baik kalau kalian memang ingin menirunya.


1 comments:

  • Tha Miftahun Nikmah | 20 Desember 2013 pukul 09.02

    halo dek, namaku Miftahun Nikmah dari koran Suara Merdeka. Aku lg nyari anak2 muda yg semangat jalan kaki, dan google membawaku ke tulisanmu di atas. Bolehkah aku kutip ceritamu ke artikelku? Akan aku sebutkan itu dari kata2 Nadia. Silakan hubungi aku di 085641388211 ya, terima kasih :)

Posting Komentar


About Me

Foto Saya
Andeke Parsi
Lihat profil lengkapku